Home » , , , » Membuat Smiley Icon Otomatis untuk Nilai Raport melalui Excel

Membuat Smiley Icon Otomatis untuk Nilai Raport melalui Excel

Jika pada posting sebelumnya kami membahas tentang Cara Membuat Raport Digital melalui Excel, dalam post kali ini kami akan membagikan bagaimana cara membuat nilai berformat Smiley Icon pada Laporan Hasil belajar (Raport) melalui Excel.

Membuat Nilai Smiley Pada Rapot menggunakan Excel

Smiley Icon ini biasa dipakai untuk menggantikan nilai khususnya pada raport anak-anak. Misal nilai sangat baik atau yang disebutkan dengan Huruf A digantikan dengan bentuk smiley Tersenyum, huruf D digantikan dengan Smiley Sedih, dan selanjutnya. Untuk penerapannya tidak terlalu susah, sebagai contoh misalkan anda akan membuat laporan hasil belajar membaca al Qur'an seperti di bawah berikut :


Untuk membuat fungsi tersebut caranya sangat mudah, setelah anda membuat tabel tentang detail laporan hasil yang akan anda berikan elemen smily saatnya berlanjut untuk tahap penulisan fungsi.
  1. Pada bagian hasil masukkan fungsi =IF(C5="Tidak Lancar","L",IF(C5="Cukup Lancar","K",IF(C5="Sangat Lancar","J","")))
  2. Jika sudah maka hasil yang akan anda dapatkan masih berupa hasil Huruf masih akan beruba huruf L, K dan J
  3. Untuk mengubah dalam bentuk Smiley Block seluruh hasil yang sudah kalian dapat setelah memasukkan fungsi "If" tersebut
  4. Selanjutnya ubah font hasil menjadi font "Wingdings" yup, maka keluarlah hasil nilai berupa smiley.
  5. Untuk menguatkan kesan nilai, anda dapat mewarnai nilai smiley seperti pada gambar di atas. Cara untuk menerapkan warna secara otomatis pada cell dapat anda ikuti pada posting selanjutnya, yaitu Cara Membuat Cell Excel Otomatis Berwarna.
Setelah Anda ubah font seperti pada langkah keempat di atas, saat Anda mengetik kategori pada kolom C, maka nilai smiley sudah otomatis muncul. Itulah tadi cara membuat nilai Smiley pada Raport menggunakan Excel. 

Apabila ada yang kurang jelas atau ada yang ingin ditanyakan, anda dapat meninggalkan Komentar melalui form di bawah.

Sumber : Exxelitumudah

Jika bermanfaat dan Anda terbantu, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan klik tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar