Home » , , , » Cara Membuat Cell Otomatis Berwarna pada Excel

Cara Membuat Cell Otomatis Berwarna pada Excel

Masih tetap lanjutan posting sebelumnya tentang Raport. Jika pada posting kemarin kita mempelajari tentang cara membuat Nilai Smiley Otomatis Pada Raport Menggunakan Excel, maka untuk melengkapinya, anda dapat menggunakan Fungsi Warna Cell Otomatis Pada Excel. Penggunaan fungsi ini sebenarnya cukup luas, anda dapat menerapkannya untuk worksheet apa saja selain untuk fitur Smiley Raport seperti pada posting sebelumnya.  Misalnya anda dapat menerapkan fungsi ini untuk menandai bagian dari pekerjaan anda sesuai dengan Kriteria yang anda masukkan.

Cara Membuat Cell Otomatis Berwarna pada Excel

 Penerapan Fungsi Warna Cell Otomatis Pada Excel


Untuk penerapan warna kali ini, anda dapat menggunakan fungsi Conditional Formatting yang dapat anda temukan pada tab Home 》menu Style yang terletak pada bagian atas Excel 2007 dan 2013 

Conditional formatting style excel

Jika anda sudah menemukan bagian Conditional Formatting, sekarang anda dapat mulai menerapkan Fungsi Warna Otomatis Excel berikut.
  1. Sebagai langkah awal, Block bagian yang akan berikan perintah Warna otomatis berdasarkan seleksi konten, sebagai contoh diatas, Block bagian mulai E6 sampai E15.
  2. Selanjutnya buka Style > Conditional Formating > Highlight Cells Rule > Text than Contains.
  3. Setelah itu maka akan keluar tampilan Text That Contain pada jendela Excel.
  4. Sampai disini, anda harus menerapkan perintah karakter atau kata yang anda akan ubah warna cellnya, Sebagai Contoh seperti diatas "L" merupakan hasil hafalan "Tidak Lancar" maka dari itu saya akan menggunakan warna merah.
    Text that contain excel
  5. Untuk memasukkan perintah ini, Isi bagian Format Cells that Contains The text dengan huruf "L" dilanjutkan pada bagian With pilih "Custom Format" masuk pada bagian "Fill" dan isi dengan warna Merah dan Klik OK.
  6. Seperti yang dapat anda lihat dari bagian yang anda Block Sebelumnya kini semua karakter huruf "L" berubah menjadi warna merah.
  7. Ulangi langkah diatas untuk mengubah warna Karakter "K" dan "J" maka hasilnya akan seperti gambar di bawah.
Seperti itulah Penerapan Fungsi Warna Cell Otomatis Pada Excel, untuk selanjutnya anda dapat mengembangkanya sesuai selera, termasuk anda dapat menambahkannya untuk penanda nilai smiley seperti pada artikel sebelumnya.

Terima kasih sudah membaca Artikel kami, jika anda mengalami kesulitan, anda dapat meninggalkan pesan pada Kolom komentar di bawah.

Jika bermanfaat dan Anda terbantu, silakan berbagi tulisan ini ke teman Anda dengan klik tombol Google+, Twitter, atau Facebook di bawah ini.
Comments
3 Comments

3 komentar:

Andrew Pandiangan mengatakan...

terimakasih infonya gan...

minato namikaze mengatakan...

Thanks, sangat membantu

Unknown mengatakan...

Terima kasih atas infonya..membantu, sekalian gan tanya :)...ane punya list text ratusan baris tiap list beda2 warna, nah...ane rumusin sama dengan/=, buat worksheet lain tapi warna gak ikut. Gimana ya warna text supaya ikut juga. Sebelumnya terima kasih.

Posting Komentar